AndrieSurya.com "Follow your heart, don't follow @AndrieSurya"

16Sep/11145

Pengalaman Membuat Paspor di Kanim Jakarta Selatan

Kantor ImigrasiKami sekeluarga diajak jalan-jalan ke luar negeri. Hal ini menjadi alasan yang kuat untuk membuat Paspor bagi seluruh anggota keluarga saya yang berjumlah 4 orang (2 adult, 1 child dan 1 infant -- kayak booking tiket pesawat aja).
Ditawari menggunakan agen yang perorangnya dibutuhkan biaya Rp500rb /paspor kok kayaknya mahal banget ya, karena katanya ongkos pembuatan 1 paspor itu sebetulnya Rp 255,000 saja. Akhirnya, setelah browsing-browsing blog dan kaskus, akhirnya saya putuskan untuk membuat sendiri permohonan saja dibandingkan menggunakan jasa agen.

Kantor Imigrasi Khusus Kelas I Jakarta Selatan

UPDATE: Kantor Imigrasi Khusus Kelas I Jakarta Selatan telah kembali berada di Jalan Mampang atau tempat asli Kanim ini sebelum dipindah sementara ke Lebak Bulus.

Kantor Imigrasi Khusus Kelas I Jakarta Selatan (Kanim Jaksel) sudah terkenal dengan "kebersihan"nya untuk pembuatan paspor dimana banyak twit, post dan blog yang memuji Kanim Jaksel karena tidak neko-neko dan sangat membantu masyarakat dalam proses permohonan pembuatan Paspor.
Sebelumnya Kanim Jakarta Selatan terletak di Mampang, namun karena sedang ada renovasi besar, alamat Kanim Jaksel saat ini adalah Jalan RA Kartini No.10 Jakarta Selatan. Dari arah perempatan Fatmawati menuju ke Lebak Bulus patokan lokasinya adalah tepat setelah Pool Bus Lorena, papan petunjuknya kecil sekali harap diperhatikan agar tidak terlewat dan harus memutar jauh sekali di Lebak Bulus.
Jika membawa kendaraan mobil, lahan parkir mobil di Kanim Jaksel sangat terbatas, pemohon paspor akan diarahkan langsung ke area parkir di Restoran Sakura jika area parkir mobil di Kanim sudah penuh.
Untuk tarif parkir Rp 5000 untuk mobil di Restoran Sakura dan Rp 2000 untuk motor di Kanim.

Syarat Pembuatan Paspor

Sebagai syarat permohonan pembuatan paspor. ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan, untuk pemohon dewasa harus disiapkan adalah sebagai berikut:

    1. Kartu Tanda Penduduk;
    2. Kartu Keluarga;
    3. Akta Kelahiran;
    4. Ijazah Terakhir;
    5. Surat Nikah; dan
    6. Surat Rekomendasi Atasan jika berprofesi sebagai Pegawai Negeri, Pegawai Swasta, Pegawai BUMN, Anggota TNI dan Anggota Polri. Untuk swasta bisa menggunakan referensi file ini
    7. Paspor Lama jika sudah pernah membuat.

Untuk pemohon anak-anak (di bawah 17 tahun) harus menyiapkan:

    1. Kartu Tanda Penduduk Ayah;
    2. Kartu Tanda Penduduk Ibu;
    3. Surat Nikah Ayah;
    4. Surat Nikah Ibu;
    5. Akta Kelahiran Anak;
    6. Kartu Keluarga; dan
    7. Surat kuasa pembuatan paspor yang ditandatangani ayah dan ibu. Selain beli di Koperasi, filenya juga bisa dibuat berdasarkan file ini.

Untuk anak balita harus dilengkapi dengan Paspor orang tua, hal ini penting untuk mencegah trafficking. Konfirmasi ini saya dapatkan pada saat keponakan saya yang masih berusia 4 tahun akan membuat paspor.

Siapkan semua dokumen asli dan untuk pendaftaran online scan dokumen-dokumen tersebut masing-masing dalam 1 file dengan format JPG format warna Black and White serta ukuran maksimal 2 MB.

Fotokopi dokumen-dokumen tersebut masing-masing dengan kertas A4 tidak terpotong, yang paling jago fotokopi dokumen-dokumen ini adalah tukang fotokopi di Kanim Jaksel. Kita juga fotokopi sendiri, yang penting semua di kertas A4, jika lebih besar harap fotokopi diperkecil.

Pengalaman Pembuatan Paspor

Day 1 (Jumat, 18 Agustus 2011)

Saya memanfaatkan waktu luang di pagi hari untuk membeli Map Permohonan Paspor di Kanim Jakarta Selatan, sekaligus survey lokasi Kanim. Dengan membeli Map terlebih dahulu saya bisa datang lebih pagi dan bisa menempatkan map pada tumpukan paling bawah di depan mesin antrian.
Malamnya saya melakukan pendaftaran online melalui www.imigrasi.go.id. Detilnya sebagai berikut:

1. Di halaman muka http://www.imigrasi.go.id, pilih Layanan Permohonan Paspor Online.



2. Pilih Pra Permohonan Personal



3.Masukkan data-data yang diperlukan pada form. Ingat, data-data ini harus sesuai dengan surat-surat identitas yang sudah kita siapkan sebelumnya. Kalau ada yg tidak sesuai akan menghambat proses verifikasi.

3. Upload file-file scan yang sudah disiapkan sebelumnya, upload masing-masing 1 dokumen saja.

4. Pilih Kanim dimana proses pembayaran, foto, wawancara dan tanda tangan akan dilaksanakan serta tanggal pemrosesannya. Lokasi dan tanggalnya harus sesuai, karena kalau tidak sesuai proses harus input harus diulangi lagi.

5. Simpan bukti permohonan dan print di kertas A4.
Saya meletakkan semua dokumen asli pemohonan Paspor saya dalam masing-masing Map. Jika tidak sempat menyimpan file bukti permohonan proses harus diulang lagi dari awal.

Day 2 (Selasa, 23 Agustus 2011)

Pukul 06.30 saya tiba di Kanim Jaksel, pintu Kanim sudah dibuka dan kita sudah bisa meletakkan 4 Map Permohonan di depan mesin nomor antrian.

UPDATE: Setelah kembali berada di Jalan Mampang, antrian tidak lagi diatur menggunakan tumpukan Map, melainkan baris di depan mesin antrian. Pukul 7.30 nomor antrian mulai dibagikan.

Kanim sendiri buka pukul 8.00, jadi kita harus menunggu sampai pukul 7.45 dimana saat itu nomor antrian dibagikan oleh petugas sesuai dengan urutan Map Permohonan pada tumpukan.
Saya memperoleh 4 nomor antrian yang dari petugas dan menunggu dipanggil ke Loket untuk verifikasi data. Boleh dibilang ini adalah proses yang paling take time, karena petugas Kanim akan memverifikasi data-data yang dilampirkan oleh Pemohon Paspor dengan dokumen-dokumen aslinya, setelah ini dokumen-dokumen asli bisa disimpan.

Jika ada ketidaksesuaian maka pemohon harus melengkapinya dengan memfotokopi di tukang fotokopi depan Kanim.Setelah semua dokumen sudah sesuai persyaratan baru pemohon bisa melanjutkan proses permohonan. Saya sendiri habis waktu sekitar 10 menit di loket verifikasi dan bolak-balik ke tukang fotokopi karena belum mendapat kejelasan informasi mengenai dokumen-dokumen yang diperlukan untuk membuat Paspor anak-anak saya.
Selanjutnya kita akan diarahkan ke Loket I Tambah Nama Perubahan Alamat, untuk memperoleh surat lulus verifikasi dan invoice Pembayaran Permohonan Paspor.

Namun karena saya belum siap untuk proses foto dan wawancara karena istri dan anak-anak belum diajak. Saya menunda melanjutkan proses pembayaran, foto dan wawancara ke 2 hari selanjutnya. Kalau saya lanjut, sebetulnya saya bisa melanjutkan seluruh proses sampai selesai sebelum siang, jadi tinggal menunggu waktu penyerahan Paspor saja.
Hari kedua saya datang ke Kanim pukul 06.30 dan proses selesai pada pukul 08.20.

Day 3 (Kamis, 25 Agustus 2011)

Pukul 08.00 ketika Kanim resmi buka, saya langsung datang ke Loket I. Saya bertemu petugas dan langsung mendapatkan surat setoran pembayaran untuk 4 orang dan langsung membayar biaya pembuatan paspor baru, kebetulan loket pembayaran hari itu masih sepi pukul 08.10 saya sudah membayar dan siap untuk foto, wawancara dan scan sidik jari.
Kemudian saya meletakkan bukti bayar di depan loket foto yang berada di lantai 2 untuk memperoleh nomor antrian foto.
Pukul 08.30 saya sekeluarga sudah dipanggil satu persatu untuk foto, wawancara dan sidik jari.
Khusus untuk anak bayi, proses foto harus dipangku oleh orang tuanya yang menjadi backgroud dengan ditutupi kain putih.
Pukul 08.45 proses selesai dan tinggal menunggu 4 hari kerja untuk mengambil Paspor.

Day 4 (Rabu, 7 September 2011)

Karena saya mengurus permohonan Paspor 2 hari sebelum libur lebaran dimulai, 4 hari kerja sama dengan 13 hari kalender.
Tepat pada hari kerja ke-4 saya memeriksa apakah paspor saya sudah selesai melalui website www.imigrasi.go.id. Ternyata statusnya masih "Scan Tandatangan', artinya proses belum selesai dan saya harus menunggu sampai statusnya menjadi "Serahkan Paspor" yang berubah di siang harinya.
Saya mengambil Paspor-Paspor keesokkan harinya, dengan membawa bukti bayar yang sebelumnya dipakai sebagai tanda antrian foto.
Pengambilan Paspor dilakukan di Kanim Jakarta Selatan Loket 1.Dan proses permohonan paspor diakhiri dengan fotokopi "Depan Belakang" masing-masing Paspor untuk diserahkan kembali ke Loket 1, tukang fotokopi Kanim sudah jago kok untuk fotokopi ini.

Selesai sudah proses permohonanĀ  4 Paspor untuk keluarga saya selesai. Total Total Cost yang dikeluarkan:
1. Map Rp 5,000 x 4 = Rp 20,000
2. Surat Kuasa+Materai Rp 9,500 x 2 = Rp 19,000
3. Parkir Mobil Rp 5,000 x 2 = Rp 10,000
4. Parkir Motor Rp 2,000 x 2 = Rp 4,000
5. Biaya Pembuatan Rp 255,000 x 4 = Rp 1,020,000
6. Sampul paspor Rp 3,000 x 4 =Rp 12,000

TOTAL = Rp 1,085,000

Kesimpulan

  1. Membuat paspor mudah dan murah kok, nggak neko-neko dengan bayang-bayang agen alias calo yang mahal banget bayarannya.
  2. Membuat paspor bisa cepat tanpa harus cuti satu hari. Mungkin saya hanya beruntung saja karena saya membuat Paspor pada saat akhir bulan Ramadhan yang kata beberapa orang lebih sepi daripada biasanya.
  3. BUATLAH PASPOR SECARA ONLINE! Kalau tidak online setelah verifikasi data pemohon harus menunggu 2 hari kerja untuk input data saja.
  4. Lampirkan paspor lama jika ada, karena imigrasi akan tahu kalau kita sudah punya paspor sebelumnya.
  5. Birokrasi harus dihadapi bukan diakali...
Comments (145) Trackbacks (0)
  1. Salut Pak Andri dengan tulisannya, sangat informatif sekali.
    Boleh tahu pak kapan saatnya dokumen asli diperlukan, karena saya segera akan membuat paspor di Kanim Jakarta Selatan.
    Terima kasih. :smile:

    • Terima kasih atas responnya.
      Oh iya, saya lupa tambahkan, Dokumen Asli cuma dibutuhkan pada saat verifikasi atau pada saat antrian awal saja. Setelah itu tidak diperlukan.

  2. terima kasih sekali untuk info yang sangat bermanfaat ini,

    saya mohon infonya pak,
    kalau saya tidak melakukan secara online sebelumnya,dan langsung datang ke kanim,
    akankah membutuhkan waktu yg lebih lama…

    trims

    • Terima kasih atas commentnya.
      Membuat paspor dengan langsung datang ke kanim akan memakan waktu 2 hari kerja lebih lama, karena petugas harus entry data dari formulir yang anda sampaikan secara manual.

  3. Lampirkan paspor lama jika ada, karena imigrasi akan tahu kalau kita sudah punya paspor sebelumnya.

    =====================================================
    izin komentar,,
    bagian ini penting banget..jangan sampai terlanjur duplikasi paspor..nanti yang susah pemohonnya sendiri karena prosesnya bakal jadi lebih rumit dan panjang lagi.
    Jadi kalau emang udah pernah punya tapi hilang atau masih ada tapi rusak, lebih baik sampaikan dulu ke petugas sebelum masukkin permohonannya :)

  4. Terima kasih banget atas tulisan yang informatif, dan kebetulan saya perlukan. Saya akan mengurus paspor untuk saya dan kedua anak remaja saya. Untuk KTP orang tua, apakah diverifikasi yang asli kedua-duanya,? sedangkan di form online sendiri yang diminta adalah copy(salah satu) paspor orang tua. Kebetulan suami saya sedang di luar kota.
    Lalu apakah bisa kita memilih pemotretan dilakukan siang setelah makan siang?

    • Menurut pengalaman saya, di form online cukup kirimkan 1 scan KTP saja (Ibu atau Ayah).
      Pada proses verifikasi, petugas imigrasi membutuhkan kedua KTP asli, kedua Surat Nikah asli.

      Pemotretan dilakukan setelah kita mengambil nomor antrian, terkait akan dipanggil setelah makan siang atau tidak ini tergantung dari tingkat keramaian kantor imigrasi. Lebih baik ditanyakan dulu kepada petugas yang menjaga pemotretan di lantai 2.

  5. Info yang sangat bermanfaat.
    Terima kasih sudah berbagi pengalaman.
    Salam

  6. Makasih banget infonya, detail dan membantu sekali karena saya yang lagi mau bikin paspor. Thank you!

  7. Makasih infonya pak.
    Alhamdulillah saya dititipkan Allah rezeki, Insya Allah ingin memberangkatkan PRT saya umrah. Semua data-datanya Jawa Tengah, apakah bisa saya buatkan passpor di Jakarta. Terus apakah perlu untuk buat referensi, kalau ya, surat referensinya seperti apa dan dari siapa ya pak.
    Makasih sebelumnya.
    Salam

  8. wah thanks banget infonya pak. membantu sekali.
    selamat jalan2 ya pak :)

  9. 6. Surat Rekomendasi Atasan jika berprofesi sebagai Pegawai Negeri, Pegawai Swasta, Pegawai BUMN, Anggota TNI dan Anggota Polri.
    ___________________________________________________

    surat rekomendasi ini harus ya? bisakah di substitusi dengan fotokopi surat kontrak kerja?

  10. mau tanya dong pak

    saat isi formulir harus sama dengan KTP ya
    misal tentang status pekerjaan kalau di KTP Mahasiswa kita harus isi mahasiswa walaupun kita sudah lulus tapi belum bekerja?

    akte lahir saya hilang bisa tidak diganti dengan ijazah?

    sekarang january 2012 kanim jaksel alamatnya dimana ya?

    thanks

  11. gunanya Layanan Permohonan Paspor Online apa pak?

  12. Menarik pak, saya baru ingin buat pasport,,
    tapi apakah harus pendaftaran online dulu?
    saya masih bingung pak, jadi harus online lalu dtg ke kanim?

    Owh iya pak, apakah kanim jaksel sudah pindah ke mampang?
    thanks :)

    salam hangat

  13. owh iya pak, bedanya pasport perorangan 24h dan 48h itu apa?
    thanks

  14. Selamat siang, pak
    Saya mau menanyakan, seandainya saya mau mengurus paspor baru di kanim khusus soekarno-hatta apakah saya bisa mengambil formulir dari kanim khusus jakarta selatan.
    Saya mau mengurus paspor baru di kanim soetta, bukan di jaksel, karena pada saat saya melakukan permohonan online, tanggal kedatangan di kanim jaksel baru bisa bulan april, sedangkan di kanim soetta bisa dari bulan februari. Saya berencana pergi keluar negeri pada bulan maret ini.
    Apakah bapak punya saran?
    Terima kasih atas info dan sarannya :)

  15. klo online, dokumen yg discan ukurannya hrs a4 jg pak? kira- kira klo utk rencana keberangkatan 1 bln dari sekarang masih memungkinkan ga pak? terimakasih infonya

  16. Terima kasih sharing-nya Pak. Kl perpanjangan paspor, apakah syarat dan caranya sama seperti di atas?

  17. saya mau tanya lagi.. begini..saya rencananya mau mengurus paspor Umum atau pelancong..kira2 apakah harus ada surat kuasa juga untuk ngurus paspor umum/pelancong?? makasiii yaa

  18. Saya iseng googling dan baca web ini. Saat ini saya sedang antri loket penyerahan berkas di Kanim Jakpus. Karena bingung habis ini saya disuruh apa makanya saya iseng browsing2, hehe.
    Menegaskan saja beruntunglah orang-orang (seperti saya :D) yang sudah registrasi online, antriannya jauuuuhh lebih sedikit (saya hanya antri 6orang, bandingkan dengan antri 38orang jalur non online).
    Semoga ngurus paspor hari ini lancar, hehe

  19. Mohon info pak,
    sebelumnya saya sudah pernah melakukan secara offline. Nah besok ibu dan adik saya mau buat paspor, kalo saya daftarkan dulu secara online..apakah keesokan harinya ibu dan adik saya sudah bisa langsung foto? Oiya untuk paspor haji ibu saya yang sudah expired 3 thn yang lalu apakah harus dilampirkan (scan) juga? Karena setahu saya paspor haji dan umum berbeda.
    Terima kasih.

    • Asal tanggal yang dituju itu ada di pendaftaran online nggak ada masalah kok. Yang pasti info yg dimasukkan dengan tanggalnya sama.
      Paspor haji dibawa aja buat ditunjukkan, sebelumnya blm pernah punya paspor hijau?

  20. mau tanya nih ;
    1. untuk pengurusan 1 keluarga apa permohonannya sejumlah anggota keluarga ?
    2. ada satu anggota kluarga di luar pulau, apa bisa diwakilkan pengurusannya ?

  21. Terimakasih mas atas infonya, sangat berguna.

    kebetulan saya ingin membuat paspor dan ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan.
    1. Ijazah terakhir itu perlu atau tidak? ijazah kuliah saya belum keluar, hanya ada ijazah SMA, gunakan ijazah SMA atau menunggu ijazah keluar?
    2. Proses foto sampai pengambilan memakan waktu berapa lama?

    terimakasih

    • malah sebaiknya pake ijazah SD,SMP atau SMA krn pd ijazah tsb tercantum nama,TTL dan nama ORTU, klo ijazah S1 tdk trcantum nama ORTU, bagi yang sudah menikah juga bisa lampirkan akta nikah atau kalo punya akte lahir bagus, setelah poto butuh waktu 4 hari mas, baru paspor bisa diambil

  22. siang pak,mohon infonya ya…
    sy mau bikin paspor, kbetulan jg sy sdg perpanjang KTP dan blm jd KTP nya tp sy ada srt/resi keterangan sdg memperpanjang KTP…kira2 bs tdk ya kl persyaratan KTP nya dgantikan dgn srt keterangan tadi?? Thanks infonya pak…

  23. Pak…berguna bgt info nya
    td saya coba masukin secara online ke kanim jakarta selatan, tp kok tanggalnya hanya untuk october…apa memang spt itu ya pak

  24. Terima kasih pak atas informasinya yang begitu detail.
    Kebetulan saya juga mau mencoba proses permohonan paspor online buat anak saya. Sekali lagi trims ya

  25. bapak sya sudah sampai ke tahap penentuan tanggal dan tempat kanim, tetapi setelah saya pilih lanjut, tidak ada pemberitahuan bahwa pengisian permohonan saya telah selesai. saya rasa dokumen saya telah cukup untuk memenuhi syarat.
    terima kasih :)

  26. Permisi Pak Andrie,

    mau tanya apakah mungkin pengurusan paspor 1 hari selesai?
    Di komen Bapak, kanim Soetta bisa 1 hari selesai y?
    Itu aturannya bagaimana?
    Karena saya google tidak ketemu.

    Terima kasih

    • Itu cuma yg saya dengar aja kok… membuktikan belum… pengalaman saya cuma sebatas Kanim Jaksel aja… Itu juga di tempat sementaranya…

      • Dengar dari mana Pak?
        Teman?
        Boleh minta kontaknya dia Pak? Saya ingin tanya info detilnya.
        Kalau bisa secara legal membuat paspor 1 hari jadi, buat apa lama-lama hehe

        Trims

  27. terima kasih liputannya. sangat informatif lengkap dengan foto2. Saya sendiri selama ini ngurus dokumen negara (paspor, kTP, SIM) gak pernah pake calo dan alhamdulillah lancar. Baru pertama kali mau coba buat paspor online dan dapat info banyak dari website bapak. Thank you!

  28. Kalau mendaftar online apa perlu beli formulir juga atau tidak diperlukan lagi?
    Terima kasih

  29. Tadi saya coba daftar online untuk Kanim Jakarta Selatan…masa udah full, pilihan tanggalnya adanya mulai tanggal 7 Desember 2012….buset dah, Capek deh nunggunya…:( mending dateng langsung aja kayanya…

  30. mau nanya, untuk kendaraan umum yang lewat kantor imigrasi kanim ini apa aja ya? Thanks :)

  31. Berapa harga pembuatan pasport (expired 2009) sekarang?sudah register online utk Kanim Jaksel ternyata pilihan tanggalnya baru ada 2013. Jadi rencana mau datang langsung saja.

  32. Pak, mau nanya,, saya mau bikin passport buat sekeluarga (saya, suami & Bayi 8bulan) sebelumnya kami belum punya passport… setahu saya kan untuk masing-masing pemohon dimasukkan dalam map berbeda dokumennya… trus untuk dokumen aslinya dipegang 1 orang aja bisa kan???

    untuk persyaratan passport anak apa mesti ada passport orang tuanya?? kan saya & suami belum punya passport sebelumnya…

    ohya, pas verifikasi data anak ga usah dibawa dulu gpp kan ya pak??

    makasih ya pak infonya…

  33. ini kantor jaksel masih di tb simatupang atau udh balik lagi ke mampang ya? soalnya di situs rsminya masih di mampang, di warung buncit raya 207

  34. mau nanya kalo udh dftr lwt online n udh dpt lmbran kdatangan trus k kanim yg dituju kita ngapain lg y,thanks sblmnya

  35. Info nya bagus banget. Mau nnya prosedur dan yg harus di siapkan untuk buat papsor bayi. kalau di KK belum ada nama bayi karena bayi nya baru lahir dan belum sempat mengurus KK baru, bagaimana? terima kasih. Mohon di bantu..

  36. Saya daftar online pilih kanim jaksel masa tanggal kedatangan baru ada feb 2013, apakah boleh langsung datang walau tidak sama dengan tanggal yang dipilih saat daftar onlie

  37. info sangat berguna.. thanks.. apakah warga tangerang selatan bisa menggunakan jasa kanim jakarta selatan untuk perpanjangan paspor?

  38. mau tanya dong…saya punya paspor lama yg sudah expired (jaduuul banget) & mau bikin baru. setelah lihat persyaratannya baru sadar kalau nama di ijasah S1 beda spelling sama dokumen lainnya….kira2 bermasalah ga ya?

  39. Maaf pak,kalo saya warga batam prov.Kepulauan Riau apakah bisa perpanjang paspor di kanim jakarta selatan.

  40. pa andrie tulisannya sangat membantu nich setelah saya cari2 info tentang extend paspor via online. pertanyaan saya adalah : setelah saya selesai isi form online dan mengklik ok, kok tidak ada perintah untuk print out tanda terima pra permohonan paspor ya? apa yang salah ya pa andrie? apakah tanpa print itu saya bisa datang ke kanim imigrasi jaksel dan langsung bayar, foto dan wawancara hari itu juga? oya, ijazah terakhir saya lagi proses, apakah cukup dengan ktp, kk dan akte lahir saja cukup? mohon bantuannya semoga di bales? tq

    • Seharusnya ada menu untuk print itu, karena diperlukan nomor pendaftaran dan barcodenya. Kalau tidak orang imigrasi nggak akan tau data pendaftaran akan kita pakai. Pokoknya akan ada tampilan yang ada barcodenya nah itu yang kita print.

      • coba nambahin utk dita :
        untuk syarat ijazah,akte lahir, ijazah, itu tinggal dipilih, jadi kalo tidak ada ijazah boleh akte lahir jika tdak ada akte lahir maka akta nikah pun boleh.
        Untuk ijazah tidak perlu ijazah terakhir SD,SMP,SMA juga boleh , krn pd ijazah tsb tercantum nama,TTL dan nama ORTU, klo ijazah S1 tdk trcantum nama ORTU.

  41. terimakassssih info nya saya sangat senaaaaaaaaang

  42. Pak Andrie kalau mau buat paspor,,, tapi tidak ada buku nikah bisa tidak ? saya daerah jakarta selatan, saya mau buat paspor Januari 2013. tolong pak untuk jawabannya,,

  43. hello sy dari ibu widia,sy ingin bertanya..sy punya anak umur 4 tahun anak sy punya akte atas nama papa tiri nya karna dengan papa kandungnya sy tidak mempunyai buku nikah,,masalahnya papa tirinya dari luar negeri (prancis) dan sy tidak mempunyai kk indonesia, hanya punya kk prancis apakah bisa menggunakan kk luar negeri? tlng informasinya terima kasih

  44. apa bisa buat di jakarta selatan tetapi KTP beralamatkan di tangerang?

  45. Selamat siang pak Andrie , Senang sekali membaca blog bapak . banyak ilmu yang didapat kebetulan dalam waktu dekat mau bikin paspor . Oya pak kalau saya buat untuk istri dan anak ( 3 orang termasuk saya ) , pada waktu penyerahan berkas apakah harus datang semua ? atau bisa perwakilan satu orang saja untuk menyerahkan 3 berkasnya . Terima kasih pak

    • Maaf baru balas, cukup Bapak saja. Nanti anak istri datangnya pas foto, wawancara dan sidik jari saja. Cuma karena dengan online proses verifikasi dokumen dan foto bisa sehari prosesnya ada baiknya mereka sudah siap. Jadi datang lagi 3 hari kerja buat ambil saja.

  46. Sebelumnya sy ucapkan terima kasih untuk bang andrie atas artikelnya, sangat membantu. Saya barusan perpanjang paspor dan sebelumnya daftar on line d jaksel. Beberapa poin yang sy dapat hari ini:
    1. Semua berkas di fotocopy dulu
    2. Antrian untuk loket on line jauh lebih sepi drpd yang tdk online
    3. Jangan lupa stlh antri setor berkas lgs ambil tiket untuk antri bayar n foto (ini sy gak dikasih tau dgn jelas, mbak nya bilang nanti dipanggil… Eh taumya mesti ambil nomor dulu, saya buang waktu deh jadinya). Proses ini yang lama banget… Agak heran juga sih, loket pembayarannya sepi gitu, keknya numpuk di loket foto…
    4. Pas antri foto nomor antrian yang kelewat dipanggil lagi secara manual, menurut saya ini tidak adil buat yang terus menunggu, baiknya sih kalau kelewat ya utamakan nomor selanjutnya saja :(
    5. Foto n ambil sidik jari cepet bgt, wawancaranya jg… *padahal nunggunya lama bget, hehe…
    6. Paspor baru jadi seminggu kemudian dan disarankan untuk ambil sendiri supaya klo ada kesalahan bs diproses lgs. Kalau gak bisa katanya disuruh bawa surat kuasa bermeterai 6rb, bukti bayar, n fc ktp

    Kesimpulan: permohonan paspor on line bisa memangkas waktu antri, tapi llo datengnya siang (pk10 an) gitu ya tetep aja ngantri bayar n foto…
    4.

    • Terima kasih informasi tambahannya semoga bisa lebih bermanfaat, pengalaman saya ini sudah lama sekali (Juli 2012) tentunya Kanim Jakarta Selatan sudah berbeda sekarang.

  47. kalau buat paspor pelancong tu biayanya sama ngga? n bayar visa ngga?

  48. Mas Andrie,

    untuk step no 3. Upload file-file scan yang sudah disiapkan sebelumnya, upload masing-masing 1 dokumen saja.

    Pertanyaan saya,yang diupload apa semuanya yang tertera diwebsite tersebut?atau beberapa file saja?Kalau mas sendiri yang diupload apa saja?

    Terima kasih.

  49. Mau nanya, saya mau mewakili ibu, bapak dan kakak saya untuk mengambil paspor, kmrn saya sekeluarga sudah membuat passport ber-4, apakah saya tetap memerlukan surat kuasa dari mereka? apakah surat kuasanya perlu ditempeli dengan Materei? surat kuasanya ada format khusus untuk pengambilan paspor atau seperti surat kuasa biasa?

    • Waktu saya ambil punya istri dan anak2 saya sih ndak perlu bawa surat kuasa ya. Mungkin bawa aja kartu keluarga sebagai bukti kalau yang diambil itu punya keluarga kita.

  50. Saya mo ksh pengalaman bikin paspor baru d kanim jaksel
    Ternyata pelayanan d imigrasi jaksel sangat baik dan cepat
    Tapi saya mo kasih info tambahan bagi temen2 yg mo bikin paspor d karim jaksel
    Waktu meminta nomor antrian pastikan anda informasikan k petugas nomor antrian bahwa anda sudah daftar online, krn nomor antrian dibedakan
    Pengalaman pribadi, saya harus mengambil nomor 2 kali krn petugas salah memberikan nomor dan itu membuat saya mengantri lg dr awal.. biasanya utk yg daftar online mendapatkan nomor urut antrian
    A….. dan yg melayani hanya 3 loket

  51. Pak mohon dibantu.. Saya akan pergi ke hk di tggl 24 desember 2012. Kalo saya baru urus paspor hari ini kira-kira selesai sblm tggl 24 des nggak ya pak. Tks sebelumnya..

  52. pak andrie, saya rencana buat pasport di jaksel sebelumnya saya sudah pernah buat pasport di bali, tapi pasportnya hilang dan sudah expired sjk thn 2009, apa harus dikasi tahu dan apa butuh surat keterangan hilang dari kantor polisi, atau cukup kasi tau aja saat pembuatan paspor baru? trus kalau saya tidak bekerja apa masi butuh surat keterangan dari perusahan atau atasan? thanks pak andrie

    • Paspor adalah dokumen pribadi yang paling ribet ngurusnya kalau hilang, KTP atau SIM atau STNK dan bahkan BPKB aja masih lebih mudah. Harus diurus dulu kehilangannya walaupun sudah expired. Googling deh “prosedur pengurusan Paspor hilang” banyak hasilnya.

  53. kalau tidak punya akte kelahiran tapi ada surat nikah (di surat nikah tidak tercantum tanggal lahir hanya umur saja ) apakah bisa membuat pasport untuk nenek saya?

  54. Karim jaksel skr dimana yaa..?? tks

  55. Pak Andrie, mohon informasinya:
    Pada waktu pendaftaran online, ada isian jenis paspor. Apa beda jenis paspor biasa elektronik (e-paspor) dan paspor biasa nonelektronik? Denger-denger kedepannya elektronik (e-paspor) semua. Apa benar?

  56. Pak Andrie, terima kasih informasinya. Pada saat datang pertama kali ke kantor imigrasi, dokumen yang dibawa (dimasukan map) adalah bukti pendafataran online + dokumen asli + copynya. Apakah masih perlu dilengkapi dengan formulir yang dibeli di koperasi? Terima kasih

  57. Pak andri mohon maaf pak sayang mau membuatkan visa untuk calon suami saya apa saja document yang saya harus berikan dan untuk tiket perjalanan calon suami ke indonesia apakah juga di lampirkan untuk membuat visa tersebut. Terima kasih pak mohon penjelasanya… maria.

  58. Mau tnya dong tmn2, klo suami sya akte kelahiran ga ada gmn yh ?? Sedangkan dia urgent hrs kerja klr negri. Gmn caranya yh tmn2. Tlg bntu info yh .. Makasi sblmnya

  59. Pak ijazah asli saya hilang sedangkan saya butuh perpanjangan paspor ,bagaimana ya apa paspor saya bisa diperpanjang .mohon pencerahanya

  60. pak, bole tanya? bila sudah daftar lewat online, kenapa masih perlu beli map dan formulir? apa dilampirkan juga fotocopy data2nya dan dikembalikan waktu verifikasi data? Terimakasih

    • Beli map dan formulirnya ya. Waktu saya buat sih memang tetap harus membeli paket map dan formulir, tapi formulirnya tidak diisi. Hanya mapnya saja yang dipergunakan untuk bundling dokumen-dokumen kita.

  61. jika ingin buat permohonan passport online untuk anak yang belum punya KTP, bagaimana ya caranya? karena di screen yang mandatory harus mencantumkan no KTP dan masa berlakunya,

  62. Terima kasih atas berbagi pengalamannya, sangat bermanfaat. Saya sedang mencoba memperpanjang paspor anak dibawah !7 tahun, tepatnya 14 tahun secara online, tetapi pada kolom/lajur ID diisi apa ya Pak?, kan belum punya KTP. Saya coba isi dengan no KTP saya bisa lanjut. Namun akhirnya tdk bisa terima lampiran karena tidak sesuai, padahal sy sdh pakai JPG.
    Yang dimaksud surat kuasa itu dari siapa kepada siapa ya Pak?

    • Bisa kok Bu, anak saya malah umur 1 tahun waktu saya buatkan paspornya. Kolom ID kan bisa diisikan NIK dia yang ada di Kartu Keluarga. Sekarang semua orang termasuk yang baru lahir sudah ada NIKnya. Harusnya JPG bisa, diperhatikan juga besarnya Bu.

      Kuasa ini adalah untuk menguruskan paspor anak oleh orang tuanya.

  63. Gud info nih pak andrie trims,,, kebetulan sy mau urus pasport utk saya dan kedua anak sy 3 dan 4 tahun usianya. Mau tanya, kalo misal KTP ayah dan paspor Ayah menyusul dokumennya bisa tidak ya? Krn bapaknya kerja diluarkota. Sy ibu rumah tangga mau urus sendiri pengajuannya.

  64. Mohon Info Pak, Jika sudah daftar online apakah proses foto, wawancara dan pembayaran dilakukan pada saat datang dihari pertama? Sehingga pada saat datang ke 2x nya hanya tinggal mengambil paspor yang sudah jadi. Thx

  65. mohon info pak
    jika berkas sudah di masukkan dan mendapat tanda terima, di tanda terimatersebut tertulis tanggal untuk datang kembali guna verivikasi, foto dll
    yang ingin saya tanyakan apa bila pada tanggal yang telah di tetap kan saya berhalangan hadir karna mendadak harus keluar kota apakan jadwal verivikasi ,foto dll. bisa di undur sampai sepulang nya saya dari luar kota??

  66. pak, saya mau nanya

    saya ingin mengurus pembuatan paspordi kanim jaksel. masalahnya adalah KK asli saya hilang, tetapi saya punya fotokopiannya. saya sudah mengurus pada hari pertama dengan alasan KK saya dibawa oleh ibu saya sehingga tidak sempat terbawa. pada hari pertama masih dibolehkan, namun tetap harus dibawa saat foto dan wawancara. yang saya ingin tanyakan adalah saya ingin membawa KK lama saya terlebih dulu. apakah mungkin diperbolehkan? soalnya saya butuh paspor cepat untuk keperluan visa dan mengurus sponsor keberangkatan.

    terimakasih

    • Wah, untuk keadaan seperti ini saya kurang mengerti. Ada baiknya ditanyakan ke Kanimnya langsung. Karena kalau saya salah memeberikan jawaban ndak enak.

  67. mas mau tnya, di ktp saya bekerja, tapi sekarang saya sudah tidak bekerja lagi. itu bagaimana dengan surat keterangan/rekomendnya?? dilampirkan atau tidak. thanks.

  68. mas mw tanya dong jika saya ingin buat paspor beserta keponakan saya kelengkapan ap saja ya?apa perlu didampingi orang tua nya/kakak sya.

  69. Waaah infonya bnr2 bermanfaat skali mas. Trima ksh sdh sharing ya. Kebetulan sy, suami dan 2 anak kembar sy yg baru 1.5thn mau buat paspor. Mau tanya utk memastikan saja niy. Jd utk pengurusan hingga penyerahan data bs suami saja ya yg dtg sndiri? Sy dan 2 anak sy menyusul utk foto dan wawancara biasanya dihari yg sama atau tdk ya?

    Oya utk data yg hrs diupload saat daftar online utk 2 anak saya utk paspor orangtuanya gimana ya?kan sy dan suami jg baru mau buat. Kl sy py paspor lama yg sdh lama expired apa bs digunakan utk data anak sy?

    Rncananya sy mau keluar negrinya oktober 2013 nanti. Cukup wktkan ya… Mhn infonya… trims sblmnya :)

    • Saya mengurusnya seperti itu kok Bu Putri, saya sendiri datang pada saat menyerahkan dokumen2 di awal.
      Pas sudah saatnya foto dan wawancara, istri dan anak2 baru datang.

  70. Pak mohon tanya. Apakah saat pengambilan paspor juga perlu dateng pagi2 sekali?
    Bagaimana pengalaman bapak saat pengambilan paspor, apakah sangat antre juga? Terima kasih.

  71. Kalau tidak ada akte kelahiran asli bisa nggak pak

  72. Pak mohon tanya. Saya baru menikah, Saya mau membuat paspor untuk istri saya. Tapi ktp istri saya stasusnya belum nikah dan kartu keluarga belum punya ( KK masih ikut orangtuanya). Apakah masih bisa membuat paspor dengan dokumen lama dan tanpa buku nikah? Atau harus diupdate dulu semuanya?
    Terimakasih.

  73. info yang sangat bermanfaat..
    saya mau bikinin anak2 paspor, 12 n 7 th. apakah anak2 hrs diajak ke kantor imigrasi mengingat akan uas jadi tidak bs ijin dari sekolah, tq


Leave a comment

No trackbacks yet.